TUGAS POKOK dan FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 31 Tahun  2011 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat, maka kedudukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat adalah merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Sejalan dengan kedudukannya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah bidang perindustrian dan perdagangan berdasarkan asas otonomi, tugas pembantuan dan dekonsentrasi. Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok tersebut maka fungsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat adalah sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana strategis bidang perindustrian dan perdagangan.
  2. Perumusan kebijakan teknis bidang perindustrian dan perdagangan.
  3. Pelaksanaan urusan pemerintah dan pelayanan umum bidang perdagangan, perlindungan konsumen dan metrology, industri kimia, agro dan hasil hutan, serta industry logam, mesin elektronik dan aneka.
  4. Pembinaan, pengendalian, evaluasi dan  pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang perindustrian dan perdagangan.
  5. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas dibidang perindustrian dan prdagangan.
  6. Pelaksanaan kegiatan penata usahaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
  7. Pelaksanaan tugas  lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kepala Dinas

Tugas Kepala Dinas adalah memimpin, melakukan koordinasi pengawasan dan pengendalian dalam penyelenggaraan kegiatan dibidang perindustrian dan perdagangan yang merupakan urusan pemerintah Kabupaten dan tugas pembantuan yang diberikan pemerintah kepada Bupati serta tugas lain sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati berdasarkan peraturan perundang- undangan.
Fungsi Kepala Dinas adalah sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis urusan pemerintahan bidang perindustrian dn perdagangan.
  2. Pembinaan dan pelaksanaan tugas urusan pemerintahan bidang perindustrian dan pedagangan.
  3. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai denga tugas dan fungsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Sekretaris

Tugas Sekretaris Dinas adalah melaksanakan pembinaan dan pelayanan dinas.

Fungsi  Sekretaris Dinas adalah sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program kerja.
  2. Pengelolaan urusan keuangan.
  3. Pengelolaan urusan administrasi rumah tangga, perlengkapan dan kepegawaian.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Sekretaris Dinas membawahi dan dibantu oleh :

  1. Sub Bagian Program, mempunyai tugas  melaksanakan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan dan program kerja tahunan dinas, menyiapkan bahan kebijakan teknis perencanaan, evaluasi pelaksanaan program/kegiatan di lingkungan Dinas.
  2. Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas  melaksanakan penyusunan anggaran program kerja, pengelolaan administrasi keuangan  rutin,  urusan pembukuan dan menyusun pertanggungjawaban, urusan perbendaharaan anggaran belanja dinas serta  pembinaan administrasi keuangan pembangunan di lingkungan Dinas.
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas melakukan pengelolaan  ketatausahaan, rumah tangga dan pembinaan serta pengurusan administrasi umum kepegawaian di lingkungan Dinas.