LOGO disperindag
Beranda > Berita > Sigap Kendalikan Inflasi, Tpid Lobar Kembali Gelar Pasar Murah
Berita Utama

Sigap Kendalikan Inflasi, TPID Lobar Kembali Gelar Pasar Murah

Posting oleh diskominfolobar - 19 Mei 2024 - Dilihat 131 kali

Gerung, Diskominfotik. Komitemen Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam mengendalikan Inflasi Harga Tidak Perlu diragukan lagi. Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemda Lobar melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan langkah sigap dengan menggelar Pasar murah di Desa Babusalam Kecamatan Gerung, Ahad, 19 Mei 2024. Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Lobar H. Ilham, S.Pd, M.Pd, Pj Sekda H. Fauzan Husniadi, Asisten II Setda H.Lalu Najamudin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, para distributor dan masyarakat sekitar..

Pj Bupati Lombok Barat H. Ilham mengatakan kegiatan ini sebagai langkah Sigap TPID Lobar dalam mengendalikan Inflasi jelang pelaksanaan hari besar Keagamaan Nasional (HBKN) yaitu Idul Adha 1445 H. Hal ini diperlukan agar harga harga kebutuhan pokok tidak melambung tinggi jelang Idul Adha yang nantinya menyebabkan terjadinya inflasi. "Melalui kegiatan operasi Pasar ini sebagai langkah sigap dan antisipasi kita agar tidak terjadi kenaikan harga yang drastis sehingga inflasi dapat tetap terkendali" ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Ahad Legiarto menyampaikan kegiatan pasar murah TPID Lobar jelang Idul Adha ini akan dilaksanakan di  empat titik antara lain di Desa Pelangan Sekotong yang akan digelar  Rabu 22 Mei 2024. Kemudian di Desa Karang Bayan Kecamatan Lingsar akan dilaksanakan Selasa, 28 Mei 2024. Selanjutnya kegiatan pasar murah di Desa Rumak Kecamatan Kediri Selasa 1 Juni 2024 dan pasar mudah di desa Babusalam Kecamatan Gerung hari ini, Ahad 19 Mei 2024. Ia menyampaikan hal ini adalah salah satu langkah atau upaya konkret TPID dalam mengendalikan inflasi. Diharapkan dengan adanya pasar murah jelang hari raya idul adha 1445 H, harga kebutuhan pokok tidak melambung tinggi. "TPID akan terus bergerak dan berupaya untuk mengendalikan inflasi di Lobar. Kita berharap dapat menjangkau semua wilayah sehingga inflasi di Lobar dapat dikendalikan" ujarnya.

Ahad menambahkan sejumlah strategi dan langkah sigap Lobar dalma. Mengendalikan inflasi antara lain mengelar operasi pasar murah, menggelar sidak di pasar dan distributor, melaksanakan kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan dan gerakan menanam cabai yang saat ini dilaksanakan di Sekretariat Daerah. Langkah sigap dan strategi ini diharapkan dapat mengendalikan inflasi harga di Lobar.

Adapun barang dan kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah ini seperti beras, minyak goreng, telur, ikan, biskuit, mie instan dan kebutuhan pokok lainnya. (Diskominfotik/Ria/Husni)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *