LOGO disperindag
Beranda > Berita > Luar Biasa, Lombok Barat Raih Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional
Berita Utama

Luar Biasa, Lombok Barat Raih Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

Posting oleh diskominfolobar - Dua minggu yang lalu - Dilihat 98 kali

JAKARTA, Diskominfotik - Berbagai prestasi terus ditorehkan oleh Lombok Barat dibawah Kepemimpinan Bupati H. Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Hj. Sumiatun. Terbaru Kabupaten Lombok Barat menerima penghargaan tingkat nasional dalam STBM Award. Lombok Barat merupakan salah satu dari 54 Kabupaten Kota se Indonesia yang berhasil meraih kembali penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2022.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid S. Ag M.Si bersama Kepala Dinas Kesehatan Lobar menerima penghargaan tersebut di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/2022). Kegiatan STBM Award ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 58.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengatakan bahwa berbagai prestasi yang diraih oleh Lobar merupakan hasil dari kolaborasi dan kerja keras yang dilakukan oleh berbagai pihak. Ia mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata atau hasil nyata dari berbagai ikhtiar dan kerja keras semua elemen sehingga Lobar dapat meraih kembali penghargaan bergengsi tingkat nasional ini.

"STBM award menunjukkan bahwa kita di Lombok Barat berhasil menjaga partisipasi setiap rumah tangga untuk menjaga sanitasi secara kontinu, bahkan terus melakukan inovasi, dan ini berjalan baik karena adanya kolaborasi antara pemkab, lembaga pendidikan dan masyarakat," Kata H.Fauzan Khalid.

Bupati Fauzan mengatakan bahwa Katagori STBM Awards diraih karena Lombok Barat menunjukkan konsistensinya menjalankan 5 pilar STBM. Lima pilar tersebut yakni stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Dalam penghargaan STBM Awards tahun 2022, Lombok Barat berhasil memborong 3 penghargaan sekaligus diantaranya Penghargaan kabupaten/kota terbaik dalam upaya percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Open Defecation Free) kategori peningkatan kebutuhan sanitasi ( demand creation) 2022, Penghargaan kabupaten/kota Penerapan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tahun 2022 dan Penghargaan kabupaten/kota Stop Buang Air Besar Sembarangan ( Open Defecation Free tahun 2022.

STBM Award dilaksanakan untuk mewujudkan amanah UU no 36/2009 tentang kesehatan yaitu mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya.
Penghargaan bidang kesehatan lingkungan ini sebagai bentuk advokasi dan meningkatkan pembinaan untuk mendorong, menstimulasi, keberhasilan penyelenggaraan program penyehatan lingkungan. (Diskominfotik/LBNN-Rifal)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *