LOGO disperindag
Beranda > Berita > Kasus Meningkat, Petugas Puskesmas Suranadi Gencar Imbau Cegah Dbd
Berita Utama

KASUS MENINGKAT, PETUGAS PUSKESMAS SURANADI GENCAR IMBAU CEGAH DBD

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 18 Mei 2024 - Dilihat 165 kali

Suranadi - "Mencegah lebih baik daripada mengobati", Kata tersebut sangat tepat jika dikaitkan dengan segala penyakit termasuk penyakit Demam Berdarah (DBD). Oleh karena itu Pada hari Selasa dan Sabtu, 14 dan 18 Mei 2024 telah dilaskanakan Penyuluhan Keliling di Desa Buwun Sejati dan Desa Sesaot (wilayah kerja UPT Puskesmas Suranadi). Tujuan dilakukannya penyuluhan keliling ini untuk memberikan imbauan kesehatan kepada masyarakat Desa Buwun Sejati dan Sesaot serta mengajak masyarakat untuk waspada dengan melakukan tindakan preventif.

Imbauan pencegahan DBD memang perlu terus digencarkan, apalagi saat ini telah terjadi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kabupaten Lombok Barat termasuk di wilayah kerja UPT Puskesmas Suranadi.

Adapaun petugas yang turun melakukan penyuluhan keliling adalah Petugas Promkes, Surveilans dan Petugas Programer DBD. Sedangkan informasi dan himbauan yang disampaikan adalah waspada pada DBD dengan cara menerapkan 3M plus sebagai berikut :

  1. Menguras tempat penampungan air secara berkala, 2 kali seminggu
  2. Menutup rapat semua tempat penampungan air
  3. Mengubur barang bekas dan mendaur ulang barang bekas tersebut untuk dimanfaatkan kembali
  4. Plus cara efektif untuk mencegah perkembangan nyamuk adalah seperti memantau jentik nyamuk secara berkala, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, menghindari kebiasaan menggantuk pakaian didalam kamar dan menaburkan bubuk abate atau larvasida pada penampungan air.

Kami juga mengimbau jika ada anggota keluarga yang mengalami demam, nyeri pada sendi, otot dan tulang serta bintik-bintik merah, agar segera memeriksakan diri ke UPT Puskesmas Suranadi.

Semoga dengan kegiatan penyuluhan keliling dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dalam mendapatkan informasi maupun himbauan terkait kesehatan.


 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *