LOGO disperindag
Beranda > Artikel > Pentingnya Laporan Posyandu Sebagai Bahan Pertanggungjawaban
Artikel

Pentingnya Laporan Posyandu sebagai Bahan Pertanggungjawaban

Posting oleh puskesmassuranadilobar - 29 Sep. 2022 - Dilihat 988 kali

Suranadi, 29 September 2022

Laporan merupakan dokumen yang berisi informasi berupa narasi, grafik, atau tabel, yang disusun secara berulang dan teratur. Laporan bisa mengacu kepada periode waktu, peristiwa, kejadian, atau subjek tertentu, dan dapat dipaparkan atau disajikan dalam bentuk lisan maupun teks. Melalui laporan, sebuah fakta bisa diungkap atau diketahui setelah ada data dan/atau bukti akurat yang menyertainya. Tentunya fakta-fakta itu harus tertulis di dalam laporan, sehingga bisa menjadi bahan untuk pertanggungjawaban.

Di wilayah Kerja UPT Puskesmas Suranadi saat ini dilaksanakan Posyandu konvensional dan Posyandu Keluarga. Posyandu Konvensional adalah pos pelayanan terpadu yang sasarannya meliputi Ibu Hamil, Bayi dan Balita. Sedangkan Posyandu keluarga adalah pos pelayanan terpadu yang sasarannya semua kelompok umur. Secara keseluruhan jumlah posyandu yang ada di Wilayah kerja UPT Puskesmas Suranadi sebanyak 33 Posyandu. Setiap bulan di Tiap Dusun selalu melaksanakan posyandu. Kader sebagai garda terdepan dalam pelayanan posyandu dituntut harus bisa profesional mengikuti perkembangan terkini.

Salah satu yang menjadi tugas penting kader posyandu adalah kemampuan melakukan pencatatan dan pelaporan hasil posyandu. Karena bagaimanapun kader bekerja dan melayani masyarakat tanpa adanya laporan yang baik dan benar maka pelaksanaan posyandu akan sulit untuk bisa dipertanggungjawabkan.

Memang saat ini perkembangan kebutuhan informasi dari berbagai pihak terkait pelaksanaan posyandu cukup beragam. Akan tetapi itu tidak bisa menjadi alasan bagi kader untuk tidak membuat laporan. Kader harus siap bekerja secara optimal, ilmu yang diperoleh saat pelatihan, bimbingan yang diterima dari petugas saat pembinaan, serta akses konsultasi terbuka dari Petugas Puskesmas Suranadi menjadi dasar bagi kader dalam proses penyelesaian laporan.

Alhamdulillah saat ini Kader Posyandu yang ada di Wilayah Kerja UPT Puskesmas suranadi sudah memiliki komitmen yang baik dalam menyelesaikan setiap laporan. Semoga dengan kerja sama dan komitmen bersama dapat menjadikan Kader sebagai petugas garda terdepan pelayanan posyandu yang profesional dalam membuat laporan.