LOGO disperindag
Beranda > Artikel > Pengamatan Keliling Antisipasi Serangan Opt Pada Tanaman Padi
Artikel

Pengamatan Keliling Antisipasi Serangan OPT Pada Tanaman Padi

Posting oleh dipertalobar - 18 Mei 2024 - Dilihat 1.381 kali

Kediri,,,Hari ini, Kamis 16 Mei  2024 telah dilaksanakan pengamatan OPT keliling di beberapa titik di Kecamatan Kediri Seperti  Desa Kediri Selatan,Desa Lelede,Desa Gelogor,dan Desa Montong Are  oleh POPT Kecamatan Kediri bersama PPL Wilayah Binaan Kec.Kediri.
Pengamatan keliling diawali dengan mencari sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya untuk memperoleh informasi tentang serangan OPT serta kegiatan pengendaliannya.
Untuk mengantisipasi penyebaran pencegahan secara luas.

Secara fisik berdasarkan hasil pengamatan, pertumbuhan tanaman padi fase Vegetatif sangat rentan terhadap serangan Hama & Penyakit terutama Hama Penggerek seperti yang teridentifikasi di Lapangan di sejumlah titik lokasi Desa Wilbin .
Mengantisipasi Serangan saat ini petani diharapkan secara intensif memantau perkembangan dan pertumbuhan tanaman padi. Petugas POPT menyarankan  untuk melakukan pemeliharaan seperti sanitasi lingkungan, pembersihan di pematang sawah dan pengairan berselang. Tindakan ini dilakukan sebagai tindakan preventif pengendalian hama dan penyakit pada Pertanaman.